Resep Saksang Kuliner batak Pake Darah babi!! Berani??

Saksang atau kadang disebut sangsang

Sangsang bukan suatu yang asing lagi bagi orang Batak. Sangsang adalah salah satu makanan khas Batak. Semua orang Batak pasti akan sangat merindukan makanan ini dan akan selalu berusaha mencari makanan ini kemana pun orang Batak pergi. Tau kenapa?

Makanan ini dikatakan Sangsang karena makanan ini dibuat dari daging babi dan daging ini dipotong kecil-kecil. Kemudian dimasak dengan campuran rempah-rempah masakan khas Batak yang memiliki cita rasa tersendiri. Dan tak lupa mencampurnya dengan “gota” atau darah dari babi tersebut. Itulah yang membuat makanan ini semakin nikmat.

Bumbu Rempah Sangsang

Bumbu yang digunakan seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, cabe, jahe, andaliman. Dan “gota” yang tadi dicampur ketika bumbu dan daging hampir matang. Namun seiring dengan kemajuan zaman sekarang ini, sudah semakin jarang sangsang dicampur dengan “gota”. Dan ada beberapa aliran yang memang tidak memakan darah. Namun untuk sebagian orang mengatakan kalau sangsang tanpa darah memiliki rasa yang berbeda dibanding sangsang yang jauh lebih nikmat jika dicampur dengan “gota”. Dalam penyajiannya, untuk satu porsi biasa nya juga diberikan bawang putih dan cabe rawit untuk menciptakan rasa pedas yang menggigit di lidah.

Bumbu Rempah Sangsang - Bawang - Cabe

Awalnya, sangsang ada pada acara-acara adat seperti di acara pernikahan. Namun belakangan ini sangsang sudah tersedia di rumah-rumah makan. Bukan suatu makanan yang langka lagi. Tinggal cari rumah makan khas Batak pasti kita bisa menikmatinya. Bukan hanya itu, dengan harga terjangkau kita sudah bisa menikatinya. Untuk satu porsi ditambah nasi plus dengan soup nya hanya berkisar Rp.10.000 - Rp20.000 saja. Tentu itu bukan terlalu mahal bayarannya untuk makanan khas.



Selain sangsang kita juga akan menjumpai babi panggang, naniarsik, dan naniura. Jika Anda yang sedang berkunjung ke daerah Batak, jangan lupa untuk singgah ke sekitar Ajibata, sekitar Tomok dan sekitar Pangururan untuk bisa menikmati Sangsang ini dengan rasa yang masih khas dan asli Bataknya.

BAHAN :
1. Daging babi dengan jeroan 1/2 kg
2. Darah babi 1 gls
3. Kelapa 1/2 butir
4. Minyak goreng 2 sdm

BUMBU :
1. Bawang merah 3 bh , Jahe 1 ruas jari
2. Bawang putih 1 siung , Laos 1 ruas jari
3. Lombok merah 2 buah, sereh 1 batang
4. Lombok rawit 5 buah, Jeruk nipis 3 buah
5. Ketumbar 2 sdt , Garam 1 sdm
6. Kunyit 1 ruas jari

CARA MEMASAK SANGSANG :
1. Jeroan babi direbus hingga empuk, kemudian dicincang. Daging babi mentah dicincang.
2. Kelapa diparut, disangrai dan digiling halus.
3. Bumbu digiling halus, kecuali sereh. Darah babi dihancurkan, begitu juga batang sereh.
4. Bumbu ditumis, dimasukkan bahan yang dicincang. Setelah masak dimasukkan darah, kelapa giling dan terakhir air jeruk.
5. Dimasak lagi samapai matang.

Keterangan :
Masakan ini termasuk makanan adat.

SUMBER:
SANGSANG (Batak) Reviewed by HobiMasak.info on Feb - 20 - 2012. From Sumber : Buku Kumpulan Masakan Indonesia ARTIKEL MENARIK
Saksang atau kadang disebut sangsang Sangsang bukan suatu yang asing lagi bagi orang Batak. Sangsang adalah salah satu makanan khas Batak.... Resep Saksang Kuliner batak Pake Darah babi!! Berani?? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown