Resep depik Pengat Gayo

Resep depik pengat ini merupakan makanan khas gayo sebuah daerah di pedalaman gunung aceh yang ibukotanya takengon. yang khas dari pengat depik gayo ini adalah rasa asam dan sedikit pedas. Kelebihanya tentu saja karena depik ini merupakan salah satu ikan yang rendah lemak dan cara memasaknya yang tanpa menggunakan minyak So akan tidak terlalu mengkhawatirkan bagi mereka yang fobia kolesterol. Ikan depik dengan nama latin Rosbora tawarensis merupakan ikan endemik yang terdapat di Danau Laut Tawar Kabupaten Aceh Tengah takengon. Ikan kecil yang panjangnya sekitar 8 cm serta lebarnya 2 cm dapat ditangkap sepanjang tahun, terutama pada musim penghujan. Well, kreatifitas dan kearifan lokal yang mengolah kuliner ikan depik sedemikian rupa patut kita apresiasi. Dan enaknya, kita tidak harus menuju jauh jauh ke pedalaman aceh demi untuk menikmati enaknya pengat ikan depik ini. Cukup anda bikin sendiri. Resepnya mudah dan simple.

  Bahan utama:
  1. Ikan depik 250 gram
Bumbu dihaluskan
  1. Cabai merah 5 buah
  2. Kunyit 1 buah
  3. Bawang merah 4 buah
  4. bawah putih setengah siung
  5. Ketumbar secukupnya
  6. garam
Bumbu tidak dihaluskan
  1. Jeruk nipis 1 buah
  2. Empan  (andaman) sedikit
Cara memasak Baluri ikan depik dengan air jeruk dan garam. Biarkan selama 15 menit agar rasa asam dan asin meresap. haluskan bumbu diatas: cabai, bawang, ketumbar, kunyit. Sedeiakan wajan untuk memasak. Masukan air 500ml. Masukan bumbu, dan masukan ikan depik dan Empan. masak hingga air mengering. Dan siap disajikan.

Lihat juga kumpulan resep masakan lainya disini ARTIKEL MENARIK
Resep depik pengat ini merupakan makanan khas gayo sebuah daerah di pedalaman gunung aceh yang ibukotanya takengon. yang khas dari pengat de... Resep depik Pengat Gayo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Gita